Uji Kompetensi untuk Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

0
136

Accounting Polimdo-Manado. Kebijakan pelaksanaan Uji Kompetensi (UKOM) di Polimdo, dilakukan untuk Peningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Hal ini merupakan peluang bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikannya sekaligus menjadi ancaman bagi perguruan tinggi yang selama ini mungkin hanya berorientasi pada kualitas ketika menjalani re-akreditasi.

Uji Kompetensi adalah proses penilaian baik teknis maupun non teknis melalui pengumpulan bukti yang relevan untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu.

Dra. Maryke Alelo, MBA selaku Direktur dalam sambutannya mengajak semua asesi untuk mensyukuri karya Tuhan, karena merupakan generasi terpilih masih boleh melihat matahari dan mendapat kesempatan mengikuti uji kompetensi. Jika asesi kompeten maka peluang kerja bukan hanya terbatas di daerah atau nasional, tapi dapat melewati border negara, border kemampuan, dan UKOM merupakan salah satu  untuk meraihnya memasuki dunia kerja. Apa yang saya sampaikan ini merupakan satu visi kepada adik-adik, bahwa ketika selesai studi bukan saja mendapatkan ijazah tetapi mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari BNSP yang kelak berguna untuk memberi value added lulusan mendapatkan pekerjaan.

Ikut mendampingi Direktur dalam kegiatan ini yaitu Ketua LSP P1 Polimdo Dr. Diane Tangian dan Ivoletti Walukow, SE. MSi selaku Ketua Jurusan Akuntansi. Dalam laporannya pengurus TUK Akuntansi menyampaikan peserta UKOM tahun ini dari Jurusan Akuntansi sebanyak 197 mahasiswa. Diakhir sambutan Direktur menyampaikan selamat bertugas kepada asesor-asesor jurusan akuntansi, yaitu : Revleen Kaparang, Antonius Tandi, Ivoletti Walukow, Jerry Lintong, Anie Mundung, Ivonne Putong, Esrie Limpele, Shane Pangemanan, Ismail Mokodompit, dan Opa Mustopa. Kegiatan pra assessment dilaksanakan sejak tanggal 02 Juni 2022 dan assessment dilaksanakan tanggal 06 – 25 Juni 2022 (JSL).