UJI KOMPETENSI TEKNISI AKUNTANSI MADYA

0
566

Accounting Polimdo-Manado. Berakhirnya tahun ajaran 2020/2021, LSP P1 Polimdo dan TUK Akuntansi menyelenggarakan Uji Kompetensi Skema Teknisi Akuntansi Madya, yang dilaksanakan tanggal 22-26 Juni 2021 dan di ikuti oleh 182 mahasiswa semester akhir (Semester 6 untuk Prodi DIII dan Semester 8 untuk Prodi DIV). Pelaksanaan uji kompetensi tersebut dilakukan dengan prokes C-19 yang sangat ketat, yaitu H-1 semua asesi melakukan Swab Antigen yang dibiayai oleh institusi dan menggunakan 6 ruangan kelas yang representative dengan jarak 2 meter antar peserta.

Nantinya bagi asesi yang dinyatakan kompeten oleh asesor, akan mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), yang dikeluarkan untuk mendampingi ijazah dan transkrip akademik. Kalau ijazah merupakan bukti telah selesainya suatu jenjang pendidikan tertentu, dan transkrip nilai merupakan daftar nilai pencapaian selama menempuh perkuliahan, maka SKPI menerangkan kemampuan yang dibutuhkan sebagai prasyarat dalam persaingan dunia kerja dilihat dari latar belakang lulusannya. Hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi.

Permendikbud sendiri merupakan turunan Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Dalam Pasal 44 ayat 1 sampai ayat 3,

UU Nomor 12 mengharuskan setiap perguruan tinggi memberikan sertifikat kompetensi bagi setiap lulusannya sebagai keterangan resmi tentang kompetensi mereka sekaligus bisa digunakan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya.

Selain sebagai SKPI, manfaat lain dari adanya sertifikasi profesi BNSP, sebagai berikut.

  1. Menambah rasa percaya diri akan kemampuan yang dimiliki
  2. Mengetahui tingkatan kemampuan dan keahlian yang dimiliki
  3. Memperluas peluang untuk mengembangkan diri
  4. Mempermudah perusahaan dalam menyeleksi untuk mendapatkan SDM unggul
  5. Menambah produktivitas kerja

Pelaksanaan uji kompetensi di buka oleh Direktur Polimdo Dra. Maryke Alelo, MBA sekaligus memberikan sambutan dan berharap mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar dapat memberikan value added bagi diri sendiri saat mencari pekerjaan di industri setelah lulus, dan ditutup oleh Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Polimdo Susy Amelia Marentek, SE., MSA sekaligus mengucapkan terima kasih atas peran LSP, TUK, Manajemen Polimdo, Pimpinan Jurusan, dan mahasiswa, sehingga terlaksananya kegiatan ini dengan sangat baik.

Hadir dalam acara ini Dr. Diane Tangian, SH., MSi (Ketua LSP P1 Polimdo), Ivoletti M. Walukow, SE. MSI (Ketua Jurusan Akuntansi), Jerry Sonny Lintong, SE., MAP (Sekretaris Jurusan Akuntansi), Antonius Tandi, SE. Ak. MSi. CA (Ketua TUK Akuntansi), para asesor dan tim kerja. (JSL).