SEARCH
Politeknik Negeri Manado

Visi :

Pada tahun 2020 menjadi penyelenggara pendidikan vokasi bidang akuntansi yang unggul, berbudaya, dan berdaya saing di Asia Tenggara.

Misi :

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang bermutu.
  2. Mengembangkan karakter mahasiswa yang berbudaya
  3. Meningkatkan produktivitas tenaga pendidik di bidang penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif untuk menunjang terselenggaranya proses pembelajaran.
  5. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak, baik nasional maupun internasional.

Tujuan Program Studi

Menghasilkan Lulusan Ahli Madya Akuntansi yang berbudaya dan berjiwa wirausaha serta mampu menerapkan prinsip-prinsip akuntansi berbasis standar akuntansi internasional.

Sasaran yang dirumuskan berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan adalah :

  1. Lulusan telah tersertifikasi kompetensi teknisi akuntansi.
  2. Lulusan memiliki IPK rata-rata ≥ 3,00 dan berperilaku etis.
  3. Lulusan terserap di pasar tenaga kerja regional, nasional dan internasional.
  4. Waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari 4,8 bulan dan lulusan yang bekerja di bidang akuntansi 87%.
  5. Memiliki kemampuan berwirausaha guna menciptakan lapangan pekerjaan.

Strategi pencapaian dirumuskan untuk masing-masing sasaran, yaitu :

  1. Melakukan evaluasi kurikulum mengacu pada KKNI, SNPT, SKKNI, dan kebutuhan industri serta perkembangan IPTEK, minimal 3 tahun sekali.
  2. Peningkatan kualitas tenaga pendidik secara berkelanjutan dengan cara :
  3. Mengikutsertakan dosen pada kegiatan seminar, simposium, pelatihan, lokakarya, workshop bidang akuntansi tiap tahun minimal 5 orang.
  4. Menyelenggarakan pelatihan, dan lokakarya dibidang pendidikan dan penelitian akuntansi tiap tahun.
  5. Pengiriman tenaga kependidikan ke pelatihan pelayanan mahasiswa tiap tahun.
  6. Melaksanakan uji kompetensi level Teknisi Akuntansi Madya, 1 (satu) kali setahun sampai pada tahun 2015 dan 2 (dua) kali setahun mulai tahun 2016.
  7. Meningkatkan fasilitas sarana prasarana, dalam rangka peningkatan academic atmosphere yang lebih baik.
  8. Mengikutsertakan mahasiswa pada kegiatan workshop, pelatihan, seminar terkait dengan pendidikan karakter, kewirausahaan dan bela negara, minimal 2 (dua) kali setahun.
  9. Memberikan informasi tentang kesempatan bekerja di berbagai instansi pemerintah/ swasta kepada mahasiswa/ lulusan, setiap ada surat pemberitahuan lowongan pekerjaan dari industri.
  10. Membentuk wadah untuk mengumpulkan informasi tentang kesempatan kerja dan membantu lulusan memperoleh pekerjaan (job placement center). Job placement center tersebut akan dilaksanakan 1 (satu) kali dalam setahun.
  11. Mengundang pihak yang memerlukan tenaga lulusan ke kampus untuk memberi penjelasan tentang kesempatan kerja, minimal 2 (dua) kali dalam setahun.
  12. Menawarkan kepada pihak-pihak yang dianggap memerlukan tenaga lulusan D3 Akuntansi, di tingkat lokal, nasional dan internasional, minimal 2 (dua) kali dalam setahun.
  13. Melakukan kerja sama antara program studi/jurusan dengan pihak pengguna lulusan, 1 (satu) kali dalam setahun.
  14. Mengikutkan program studi pada kegiatan pameran pendidikan, 1 (satu) tahun sekali.
  15. Menyediakan unit jasa akuntansi dan perpajakan sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat dan sumber dana.
  16. Menjalin kemitraan dengan intansi pemerintah dan swasta untuk menjamin keberlanjutan program studi demi menunjang tercapainya tujuan program studi, minimal 2 (dua) instansi dalam setahun.

Profil Lulusan D3 Akuntansi :

Menjadi teknisi akuntansi yang menguasai pengetahuan dan keterampilan dibidang akuntansi untuk suatu entitas dengan didukung kemampuan bekerjasama dan berkomunikasi secara efektif, dan bertanggungjawab terhadap pencapaian hasil kerja mandiri maupun kelompok kerja dibawah supervisi akuntan.

Peran D3 Akuntansi :

Teknisi Akuntansi, meliputi posisi jabatan:

  • Accounting officer / Staf Akuntansi
  • Tax Officer / Staf Pajak
  • Account Officer (A/R, A/P, dll) / Staf Akun tertentu
  • Budgeting Officer / Staf Anggaran
  • Asisten/Junior Auditor/Anggota pemeriksa (Teknis).

Ketrampilan Khusus :

  1. Mampu secara mandiri mengidentifikasi transaksi dan melakukan pencatatan akuntansi atas transaksi entitas tunggal (yaitu perusahaan perseorangan, CV, firma, Perseroan Terbatas) dan entitasyang memiliki 1 (satu) anak perusahaan berdasarkan dokumen yang relevan.
  2. Mampu secara mandiri memproses buku besar, menyusun neraca percobaan, membuat jurnal penyesuaian, dan mengidentifikasi kesalahan pencatatan dan melakukan jurnal koreksi atas kesalahan tersebut, melakukan rekonsiliasi bank, dan penundaan pengakuan suatu akun entitas tunggal (yaitu perusahaan perseorangan, CV, Firma, dan Perseroan Terbatas) dan entitas yang memiliki 1 (satu) anak perusahaan.
  3. Mampu dibawah supervisi, menyusun laporan keuangan yang terdiri atas (a) laporan laba rugi dan laporan laba komprehensif (b) laporan perubahan ekuitas (c) laporan posisi keuangan (d) laporan arus kas (e) catatan atas laporan keuangan untuk entitas tunggal (yaitu perusahaan perseorangan, CV, firma dan Perseroan Terbatas) dan entitas yang memiliki 1 (satu) anak perusahaan dengan memanfaatkan teknologi informasi atau manual sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.
  4. Mampu mengevaluasi kesesuaian penyajian akun-akun dalam laporan keuangan yang menjadi tanggungjawabnya sesuai dengan standar yang telah ditentukan
  5. Mampu menghitung rasio keuangan yang terdiri atas rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio aktivitas
  6. Mampu secara mandiri menghitung harga pokok dengan metode akuntansi biaya tradisional, meliputi system job order costing maupun process costing berdasarkan data yang tersedia sebagai dasar dalam penyusunan laporan harga pokok produksi.
  7. Mampu dibawah supervisi menghitung titik impas dalam rangka perencanaan
  8. Mampu dibawah supervisi menghitung varians dalam rangka mendukung pengendalian
  9. Mampu dibawah supervisi menyusun anggaran operasional dan anggaran keuangan.
  10. Mampu secara mandiri mengidentifikasi, menghitung dan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) sehubungan dengan kewajiban perpajakan:
  11. Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi.
  12. Pajak Penghasilan (PPh) Badan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) untuk perusahaan perseorangan, CV, Firma, dan entitas dengan 1 (satu) anak perusahaan sesuai dengan perundangan dan peraturan yang berlaku di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informasi atau manual.
  13. Mampu membuat bukti potong atas PPh pasal 21,22,23,26, dan PPh final sertabukti pungut PPh Pasal 22 dan PPN sesuai dengan perundangan dan peraturan yang berlaku di Indonesia
  14. Mampu mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) atas Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia
  15. Mampu dibawah supervisi melaksanakan prosedur audit
  16. Mampu mengidentifikasi, mendokumentasikan dan memanfaatkan sistem informasi akuntansi
  17. Mampu mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak (aplikasi pengolah angka, aplikasi pengolah data, aplikasi presentasi dan aplikasi akuntansi) dalam rangka penyusunan laporan keuangan, anggaran, administrasi perpajakan dan pengauditan
  18. Mampu menerapan teknik manajemen keuangan dalam perhitungan nilai waktu uang dan penganggaran modal dengan data yang tersedia

Pemetaan Kualifikasi Kompetensi :

Pengetahuan Khusus dan Ketrampilan Khusus

Bahan Kajian D3 Akuntansi
Pengetahuan Khusus Keterampilan khusus
Akuntansi Keuangan
  1. Menguasai konsep teoritis secara umum kerangka dasar penyajian dan pengungkapan laporan keuangan
  2. Menguasai konsep teoritis secara umum pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan elemen laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan. (elemen laporan keuangan yang dimaksud pada lampiran point 1)
  3. Menguasai konsep teoritis secara umum jenis entitas tunggal dan entitas yang memiliki 1 anak perusahaan
  4. Menguasai konsep teoritis secara umum pelaporan keuangan entitas tunggal dan entitas dengan satu anak perusahaan.
  5. Menguasai konsep teoritis secara umum siklus akuntansi dalam pelaporan keuangan
  6. Menguasai prinsip dasar elemen laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan. (elemen laporan keuangan yang dimaksud pada lampiran point 2)
  7. Menguasai prinsip dasar analisa laporan keuangan
  8. Menguasai konsep umum ruang lingkup akuntansi
  1. Mampu secara mandiri mengidentifikasi transaksi dan melakukan pencatatan akuntansi atas transaksi entitas tunggal (yaitu perusahaan perseorangan, CV, firma, Perseroan Terbatas) dan entitasyang memiliki 1 (satu) anak perusahaan berdasarkan dokumen yang relevan. (transaksi pencatatan yang dimaksud pada lampiran point 3)
  2. Mampu secara mandiri memproses buku besar, menyusun neraca percobaan, membuat jurnal penyesuaian, dan mengidentifikasi kesalahan pencatatan dan melakukan jurnal koreksi atas kesalahan tersebut, melakukan rekonsiliasi bank, dan penundaan pengakuan suatu akunentitas tunggal (yaitu perusahaan perseorangan, CV, firma, dan Perseroan Terbatas) dan entitasyang memiliki 1 (satu) anak perusahaan.
  3. Mampu dibawah supervisi, menyusun laporan keuangan yang terdiri atas (a) laporan laba rugi dan laporan laba komprehensif (b) laporan perubahan ekuitas (c) laporan posisi keuangan (d) laporan arus kas (e) catatan atas laporan keuangan untuk entitas tunggal (yaitu perusahaan perseorangan, CV, firma dan Perseroan Terbatas) dan entitasyang memiliki 1 (satu) anak perusahaan dengan memanfaatkan teknologi informasi atau manual sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.
  4. Mampu mengevaluasi kesesuaian penyajian akun-akun dalam laporan keuangan yang menjadi tanggungjawabnya sesuai dengan standar yang telah ditentukan
  5. Mampu menghitung rasio keuangan yang terdiri atas rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio aktivitas
Akuntansi Manajemen
  1.  Menguasai konsep teoritis secara umum akuntansi biaya tradisional, meliputi job order costing system dan process costing system
  2. Menguasai konsep teoritis secara umum penganggaran entitas jasa, dagang dan manufaktur.
  3. Menguasai prinsip dasar akuntansi biaya alternatif, meliputi activity based costing dan target costing
  4. Menguasai prinsip dasar biaya standar, biaya relevan dan harga transfer
  5. Menguasai prinsip dasar informasi akuntansi manajerial sebagai dasar untuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan
  1.  Mampu secara mandiri menghitung harga pokok dengan metode akuntansi biaya tradisional, meliputi system job order costing maupun process costing berdasarkan data yang tersedia sebagai dasar dalam penyusunan laporan harga pokok produksi.
  2. Mampu dibawah supervisi menghitung titik impas dalam rangka perencanaan
  3. Mampu dibawah supervisi menghitung varians dalam rangka mendukung pengendalian
  4. Mampu dibawah supervisi menyusun anggaran operasional dan anggaran keuangan.
Perpajakan
  1. Menguasai konsep teoritis secara umum peraturan perpajakan yang relevan untuk wajib pajak pribadi dan badan non multinasional
  1. Mampu secara mandiri mengidentifikasi, menghitung dan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) sehubungan dengan kewajiban perpajakan:
    1. Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi.
    2. Pajak Penghasilan (PPh) Badan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) untuk perusahaan perseorangan, cv, firma, dan entitas dengan 1 (satu) anak perusahaan sesuai dengan perundangan dan peraturan yang berlaku di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informasi atau manual.
  2. Mampu membuat bukti potong atas PPh pasal 21,22,23,26, dan PPh final sertabukti pungut PPh Pasal 22 dan PPN sesuai dengan perundangan dan peraturan yang berlaku di Indonesia
  3. Mampu mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) atas Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia
Audit
  1. Menguasai konsep teoritis secara umum audit laporan keuangan
  1. Mampu dibawah supervisi melaksanakan prosedur audit
Sistem Informasi Akuntansi
  1. Menguasai konsep teoritis secara umum sistem informasi akuntansi
  2. Menguasai prinsip dasar pengendalian internal
  1. Mampu mengidentifikasi, mendokumentasikan dan memanfaatkan sistem informasi akuntansi
Teknologi Informasi
  1. Menguasai konsep teoritis secara umum aplikasi komputer dan perangkat lunak akuntansi.
  1. Mampu mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak (aplikasi pengolah angka, aplikasi pengolah data, aplikasi presentasi dan aplikasi akuntansi) dalam rangka penyusunan laporan keuangan, anggaran, administrasi perpajakan dan pengauditan
Manajemen Keuangan
  1. Menguasai prinsip dasar manajemen keuangan meliputi jenis keputusan keuangan, konsep nilai waktu uang, penganggaran modal dan biaya modal
  1. Mampu menerapan teknik manajemen keuangan dalam perhitungan nilai waktu uang dan penganggaran modal dengan data yang tersedia.
Organisasi dan bisnis
  1. Menguasai konsep umum lingkungan bisnis, ekonomi, manajemen, dan hukum komersial
N/A