Program Studi D3 Akuntansi Perpajakan

DESKRIPSI
Program Studi Diploma III Akuntansi Perpajakan adalah salah satu program studi vokasi diJurusan Akuntansi Politeknik Negeri Manado didirikan berdasarkan KEPMENDIKBUD RI NO. 282/E/O/2013 Per 23 Juli 2013. Program studi telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan Akreditasi B
Program Studi Diploma III Perpajakan ini merupakan satu-satunya di-Sulawesi Utara dan salah satu di Kawasan Timur Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan Perpajakan berbasis :

  • akuntansi dan akuntansi perpajakan yang fokus pada penyusunan laporan keuangan perpajakan.
  • pembuatan laporan pajak (SPT) berbasis program aplikasi perpajakan eSPT.

Proses perkuliahan dilakukan selama 3 tahun atau 6 semester dengan menerima calon mahasiswa lulusan SLTA Jurusan IPA/IPS sederajat dan SMK jurusan akuntansi. Proses belajar mengajar dilakukan berbasis multimedia dengan kurikulum yang aplikatif/terapan, dilengkapi dengan Laboratorium Komputer, Laboratorium Akuntansi/komputer Akuntansi dan Laboratorium Perpajakan yang diselengarakan baik manual maupun komputerisasi. Pada semester akhir mahasiswa juga akan melakukan praktek kerja lapangan diperusahaan-perusahaan sesuai bidangnya.
Lulusan program studi ini akan memiliki kompetensi khusus bidang pelaporan keuangan perpajakan dan pelaporan perpajakan serta dilengkapi dengan kompetensi softskill sehingga lulusannya diharapkan akan memiliki sikap mental yang independen, mampu berkomunikasi dalam kerjanya, dan beretika serta kemampuan berwirausaha. Dengan demikian lulusan program studi ini dapat bekerja di perusahaan-perusahaan swasta, instansi pemerintah, maupun menjadi wirausaha yang sukses.

VISI PROGRAM STUDI

Pada tahun 2018 Program Studi Diploma III Perpajakan menjadi pusat pendidikan vokasi dan pelatihan BIDANG PERPAJAKAN terkemuka berbasis akuntansi dan teknologi informasi perpajakan bagi masyarakat yang dapat bersaing ditingkat global.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Melaksanakan pendidikan vokasi bidang perpajakan dan membentuk sikap mental yang baik, independen, beretika serta berjiwa wirausaha.
  2. Melaksanakan penelitian terapan dalam bidang perpajakan dan mempublikasikan hasilnya untuk pengembangan kurikulum dan menggali potensi-potensi perpajakan yang ada pada masyarakat industri.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam bidang perpajakan dengan memberikan pengetahuan manajemen perpajakan dan untuk mendukung program pemerintah menciptakan masyarakat taat pajak.
  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang perpajakan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam hal :
    1. Memahami dan memiliki pengetahuan serta keterampilan membuat laporan keuangan berdasarkan standard akuntansi keuangan (Internastional Financial Reporting Standart-IFRS)
    2. Memahami dan memiliki pengetahuan dan kemampuan membuat laporan keuangan koreksi fiscal sesuai undang-undang dan peraturan perpajakan yang berlaku untuk berbagai jenis usaha.
    3. Memahami dan memiliki pengetahuan untuk membuat laporan perpajakan sesuai jenis pajak baik manual maupun eSPT untuk berbagai bentuk usaha atau kegiatan sesuai peraturan perpajakan yang berlaku.
    4. Memiliki pengetahuan dan keterampilan komputer dan mengoperasikan program komputer akuntansi.
    5. Memiliki pengetahuan bahasa Inggris terutama yang berkaitan dengan terminologi bidang perpajakan.
    6.  Memiliki pengetahuan dan kemampuan manajerial tingkat midle manajemen.
    7. Memiliki sikap mental yang independen dan beretika
    8. Memiliki kemampuan berkomunikasi dalam pekerjaannya
    9. Memiliki jiwa wirausaha.
  2. Menyelenggarakan program pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan secara berkelanjutan bekerja sama dengan lembaga profesi.
  3. Meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi informasi
  4. Menciptakan suasana akademik yang baik dan berkesinambungan untuk mendukung tercapainya tujuan proses pembelajaran.
  5. Membangun kemitraan dengan pihak stakeholders untuk mendapatkan informasi terkini tentang kebutuhan industri sehingga dapat terus dilakukan upgrade program pendidikan yang ditawarkan.

56total visits,1visits today

Politeknik Negeri Manado

Shares